7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bali

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bali yang bisa kamu coba semua!

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bali - Bali adalah salah satu destinasi tempat wisata yang banyak diimpikan orang. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu bisa membaca artikel ini sampai habis.

Ada beberapa tempat wisata di Bali yang bisa kamu kummjungi jika kamu kesana, pastikan untuk mengunjunginya satu per satu ya.

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata di Bali

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bali yang bisa kamu coba semua!

1. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat ibadah Hindu yang terkenal di Bali, Indonesia, yang terletak di pesisir barat daya pulau tersebut. Keunikan pura ini terletak pada lokasinya yang spektakuler, berdiri di atas batu karang besar yang menjorok ke laut.

Tempat ini menjadi sangat indah saat matahari terbenam, menciptakan latar belakang yang menakjubkan dengan pemandangan laut yang luas. Selain menjadi daya tarik wisata, Pura Tanah Lot juga memiliki makna spiritual yang dalam bagi umat Hindu Bali.

Konon, pura ini didirikan oleh seorang pendeta Hindu pada abad ke-16 Masehi bernama Dang Hyang Nirartha. Pura ini merupakan situs penting untuk upacara keagamaan dan ritual Hindu. Kombinasi antara keindahan alam dan nilai spiritual menjadikan Pura Tanah Lot salah satu destinasi terkenal di Bali yang menarik banyak pengunjung setiap tahun.

2. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu adalah salah satu pura paling terkenal di Bali, Indonesia, yang terletak di ujung selatan pulau tersebut. Pura ini terletak di tebing karang yang menjulang tinggi di atas Samudra Hindia, menciptakan latar belakang yang memukau dengan ombak yang bergulung-gulung di bawahnya.

Keunikan Pura Uluwatu terletak pada arsitektur klasiknya yang indah, dengan gerbang batu kuno yang dihiasi dengan ukiran yang rumit. Selain sebagai tempat ibadah Hindu yang penting, pura ini juga menjadi salah satu tempat utama untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler di Bali.

Setiap sore, pertunjukan tari kecak, sebuah tari tradisional Bali, diadakan di area pura dengan latar belakang matahari terbenam yang memukau, menciptakan pengalaman budaya yang tak terlupakan bagi pengunjung. Pura Uluwatu adalah tempat yang indah untuk merasakan budaya Bali dan menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

3. Pura Besakih

Pura Besakih adalah pura terbesar dan paling suci di Bali, Indonesia, yang juga dikenal sebagai "Pura Agung Besakih." Terletak di lereng Gunung Agung, gunung berapi tertinggi di Bali, Pura Besakih adalah kompleks pura yang menggabungkan banyak pura kecil yang tersebar di seluruh area.

Pura ini adalah pusat keagamaan utama bagi umat Hindu Bali dan memiliki peran penting dalam budaya dan spiritualitas Bali. Pura Besakih dihormati sebagai "Pura Ibu" atau "Pura Terakhir" oleh umat Hindu Bali, yang menganggapnya sebagai tempat asal mula semua pura di pulau tersebut.

Baca juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi

Kompleks pura ini mencakup sejumlah besar bangunan dan kuil, dengan arsitektur yang mengagumkan, termasuk gerbang batu yang indah dan taman yang rimbun. Pada saat-saat penting dalam kalender agama Hindu, pura ini menjadi tuan rumah upacara keagamaan yang meriah dan prosesi yang mengesankan.

Selain keindahan arsitektur dan perannya dalam kehidupan keagamaan, Pura Besakih menawarkan pemandangan yang spektakuler, terutama saat cuaca cerah. Gunung Agung yang kokoh menjadi latar belakang yang sempurna untuk pura ini, menciptakan pemandangan yang memukau bagi pengunjung.

Pura Besakih adalah salah satu tempat yang paling dicari untuk wisatawan yang ingin mengeksplorasi warisan budaya dan spiritual Bali.

4. Tegallalang Rice Terraces

Tegallalang Rice Terraces adalah salah satu dari beberapa hamparan sawah terasering yang terkenal di daerah Ubud, Bali, Indonesia. Terletak sekitar 10 kilometer di utara Ubud, Tegallalang Rice Terraces menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan sawah-sawah teras yang indah yang membentang hingga ke perbukitan hijau.

Desain teras sawah ini telah ada selama berabad-abad dan mencerminkan sistem pertanian tradisional Bali yang terorganisir dengan baik. Pengunjung dapat menjelajahi jaringan jalan setapak yang melintasi sawah-sawah ini, yang menghadirkan kesempatan untuk mengambil foto yang spektakuler.

Selain itu, area ini juga dikelilingi oleh warung-warung dan toko-toko yang menjual barang-barang seni dan kerajinan tangan Bali, sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman budaya dan belanja sambil menikmati keindahan alam Tegallalang Rice Terraces. Tempat ini sering menjadi tujuan wisata utama bagi mereka yang ingin merasakan pesona pedesaan Bali yang menakjubkan.

5. Goa Gajah

Goa Gajah, yang juga dikenal sebagai "Elephant Cave," adalah salah satu situs bersejarah dan keagamaan yang menarik di pulau Bali, Indonesia. Goa ini terletak sekitar dua kilometer timur dari Ubud, salah satu destinasi wisata terkenal di Bali.

Goa Gajah dikenal oleh nama ini karena adanya relief kepala gajah yang terukir di pintu masuk gua, meskipun gua tersebut tidak memiliki kaitan sejarah dengan hewan tersebut.

Goa ini memiliki sejarah yang kaya, dengan akarnya yang berasal dari abad ke-9. Di dalam gua, kamu akan menemukan berbagai arca, relief, dan candi yang menggambarkan pengaruh Hindu dan Buddha pada masa lalu, serta berbagai elemen arsitektur yang menarik.

Bagian dalam gua juga menampilkan celah sempit yang menyusuri sungai bawah tanah, memberikan pengalaman mistis bagi para pengunjung. Goa Gajah adalah tempat yang ideal untuk mereka yang ingin merasakan nuansa sejarah dan spiritualitas Bali sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

6. Hutan Monyet Ubud

Hutan Monyet Ubud, atau yang dikenal juga dengan nama "Monkey Forest Ubud," adalah salah satu atraksi wisata paling terkenal di Ubud, Bali. Hutan ini adalah rumah bagi kelompok-kelompok monyet ekor panjang yang dikenal sebagai "macaque" atau "monyet long-tailed."

Para pengunjung dapat menjelajahi hutan ini sambil berinteraksi dengan para monyet yang berada dalam habitat alaminya. Sementara hutan ini menyajikan pengalaman yang unik dan menarik, pengunjung juga harus berhati-hati karena monyet-monkey tersebut bisa menjadi agresif jika merasa terancam atau jika mereka mencuri makanan atau barang-barang pribadi.

Selain itu, Hutan Monyet Ubud juga memiliki kompleks pura yang bersejarah dan situs-situs suci, menambah daya tarik budaya dan spiritual bagi para wisatawan. Lokasinya yang hijau dan teduh membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk menjelajahi alam Bali dan memahami hubungan erat antara manusia, alam, dan kehidupan hewan di pulau ini.

7. Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, Indonesia, dan merupakan bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, termasuk pantai-pantai berpasir putih, tebing-tebing karang yang megah, serta lanskap yang bergelombang.

Salah satu daya tarik utama di Nusa Penida adalah Angel's Billabong, sebuah kolam alami yang terbentuk oleh erosi karang, serta Broken Beach, sebuah teluk yang terkenal dengan pemandangan air laut yang mengelilingi tebing karang.

Selain itu, Nusa Penida juga merupakan tempat yang ideal untuk menyelam dan snorkeling, dengan terumbu karang yang kaya akan kehidupan laut. Pulau ini memiliki nuansa yang lebih tenang dan alami dibandingkan dengan Bali, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari pengalaman alam yang menakjubkan dan relaksasi yang jauh dari keramaian.

Itulah beberapa rekomendasi wisata alam di Bali yang bisa kamu coba! Selain berlibur di tempat-tempat tersebut, yuk liburan juga dengan membaca novel-novel di Cabaca. Download aplikasinya di playstore ya!

Baca novel-novel Cabaca di sini:

  1. Novel-novel Islami
  2. Novel-novel Romantis
  3. Novel-novel Office Romance
  4. Novel-novel Horor
  5. Novel-novel Sejarah